Tips Cara Mengatasi Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak secara progresif dan ireversibel yang secara perlahan-lahan menghancurkan memori (daya ingat) dan kemampuan berpikir, kebanyakan orang dengan penyakit Alzheime, gejala pertama muncul dipertengahan usia 60-an.

Berikut ini ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah alzheimer antara lainnya :

  • Olahraga 

olahraga

Rajin olahraga ternyata bisa merangsang produksi kolesterol baik. Para penelitian mengklaim kolesterol baik ini dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mencegah kerusakan para sistem otak.

  • Jaga kebersihan gigi

menjaga-kesehatan-gigi

Gigi dan gusi yang tidak bersih dapat meracuni dan cenderung membuat memori semakin rendah. Oleh karena itu rajin menyikat gigi dan flossing dapat membantu menjaga gigi dan mempertajam memori.

  • Kurangi makanan-makanan manis

makanan manis

Makanan manis tidak hanya menimbulkan masalah berat badan. Banyak makan minis juga dapat merintis kerusakan otak. Suzanne de La Monte, MD, MPH, seorang neuropathologist dari Brown University bersama tim melakukan penelitian dan ia menunjukan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan resistensi insulin yang memburuk kondisi ke otak.

  • Rangsanglah pertumbuhan otak

otak-1

Otak mulai menyusut saat usia mencapai 30-40 tahun. Namun penelitian berpendapat seseorang dapat meningkatkan ukuran otak dengan rajin belajar. cobalah mempelajari berbagai hal baru, perluas pertemanan sebagai stimulasi, baca buku, browsing di internet atau membeli permainan yang merangsang otak.

  • Masak makanan sendiri di rumah

manfaat-memasak-di-rumah

Dengan memasak makanan sendiri, kita dapat memastikan sendiri bahan-bahan yang digunakan adalah yang terbaik dan lebih sehat dari pada beli makanan di luar.

  • Kenali tanda-tanda awal alzheimer

gejala-penyakit-alzheimer

Tanda-tanda awal alzheimer dapat berupa kesalahan kecil seperti salah menilai jarak ketika berjalan, bingung saat membaca peta, rasa penciuman mulai hilang, mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali serta lupa menyimpan barang di tempat yang aneh. Jika hal ini sudah ada pada diri anda, segera konsultasikan ke dokter ahli.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *